SDM merupakan aset penting dalam sebuah perusahaan dimana hal itu berpengaruh besar terhadap kemajuan atau justru kemunduran sebuah perusahaan. Bagaimana tidak, baik buruknya produk perusahaan itu tergantung dari kinerja para karyawan. Inilah kenapa perlu untuk selalu memperbaharui kinerja dari setiap SDM dengan melakukan berbagai pelatihan. Bukan hanya untuk bagian level up namun juga semua bagian. Tidak heran jika training need assessment itu sangat diperlukan dan sudah banyak dilakukan dalam berbagai perusahaan. Apakah Anda sudah paham apa itu yang disebut dengan need assessment?
Dimulai dari pengertian mengenai TNA atau pelatihan need assessment yang merupakan suatu bentuk program penilaian dalam sebuah perusahaan sebagai tolak ukur untuk menentukan tingkat kinerja dari masing-masing SDM. Mulai dari pengetahuannya, kemampuan sampai dengan ketrampilan yang dimiliki apakah sesuai dengan apa yang dibutuhkan dalam perusahaan. Melalui program tersebut perusahaan akan terbantu dengan mudah untuk menentukan apa program yang sangat diperlukan bagi para karyawan demi meningkatkan kualitas kerjanya.
Perlu diketahui terlebih dahulu saat ini sudah ada banyak lembaga pelatihan yang bisa memfasilitasi segala bentuk kebutuhan peningkatan SDM dalam perusahaan. Mulai dari level bawah sampai dengan level atas seperti manager dan lainnya. Dalam suatu lembaga ada banyak pilihan bidang pelatihan yang bisa diikuti, semuanya berkaitan dengan peningkatan kemampuan diri yang akan berimbas pada kemajuan perusahaan. Mulai dari marketing, financial, operation, HR dan masih banyak lagi pilihan lainnya.
Sebagai perusahaan tidak bisa menentukan satu pihak karyawan akan mengikuti pelatihan seperti apa. Karena masing-masing memiliki porsi yang berbeda, inilah peran penting dari penggunaan training need assessment yang akan lebih mudah mengidentifikasi permasalahan seperti apa yang diperlukan demi peningkatan produktivitas pada sebuah perusahaan. Sebelumnya Anda perlu paham terlebih dahulu, penilaian yang dilakukan itu berdasarkan pada beberapa faktor utama seperti:
- Melihat tingkat kemahiran atas kemampuan pada suatu bidang.
- Melihat frekuensi penggunaan kemampuan tersebut dalam menjalankan suatu bidang.
- Melihat seberapa penting kemampuan tersebut berkontribusi dalam bidang yang sedang dilakukan.
Dalam melakukan TNA sendiri sebuah perusahaan tidak perlu melakukan secara individu, artinya bisa bekerjasama dengan sebuah lembaga pelatihan yang menawarkan produk tersebut. Hal ini bukan tanpa tujuan, dimana TNA yang memerlukan banyak tahapan hingga akhirnya mendapatkan penilaian seperti apa program yang diperlukan karyawan pada sebuah perusahaan. Mulai dari mengidentifikasi, evaluasi sampai dengan tahapan akhir yang tidak semua orang bisa. Makanya disinilah pentingnya memilih lembaga yang benar bersertifikat resmi sehingga bisa diandalkan.
Lalu cara untuk melakukan TNA sendiri ada beberapa langkah, dimulai dari perusahaan yang menentukan target seperti apa kedepan. Setelah itu usaha seperti apa yang bisa dilakukan untuk memenuhi target dan lainnya. itu semua bisa Anda lakukan bersama dengan Prasmul-ELI, ini sebuah lembaga resmi yang menjadi pilihan banyak perusahaan besar sebagai pendukung peningkatan kualitas SDM didalamnya.
Prasmul-ELI memiliki beragam jenis program menarik yang bisa membantu Anda untuk meningkatkan kualitas SDM. Dimulai dengan melakukan TNA, setelah itu ada beberapa program pelatihan yang direkomendasikan sesuai dengan kebutuhan perusahaan atas hasil TNA. Bagi Anda yang ingin melihat seperti apa program training need assessment dan cara kerja yang dilakukan. Bisa hubungi langsung Prasmul-ELI lembaga pelatihan terpercaya melalui telephone di 0822-1111-1150 atau bisa pula melalui online website di https://prasmul-eli.co/.