Jasa Press Release: 5 Tahap Mudah Lakukan Press Release untuk Perusahaan atau Bisnis

Press release atau biasa juga disebut sebagai media placement merupakan salah satu kegiatan di media online yang banyak dilakukan oleh perusahaan atau pegiat bisnis. Biasanya, perusahaan akan menempatkan konten atau berisi informasi mengenai bisnis mereka di media—media online besar dan ternama. Tujuannya pun sangat menguntungkan, dimana agar masyarakat luas atau audiens dari media tersebut bisa mengetahui perihal informasi yang disebarkan oleh perusahaan yang melakukan press release. Tak heran, jika saat ini banyak sekali perusahaan yang mencari jasa press release.

Seperti yang kita ketahui, untuk mendongkrak nama perusahaan maka perlu upaya promosi. Jika pasar Anda masih sedikit, perlu gunakan trik lain dengan menggandeng media yang notabene punya massa yang banyak. Bagi Anda yang berencana untuk mempromosikan perusahaan atau ingin menyebarkan press release, yuk ketahui beberapa tahapannya berikut!

Siapkan Konten yang Akan Disebar

Tahapan pertama ketika ingin melakukan press release tentunya menyiapkan konten yang akan disebar. Tentunya jenis-jenis konten yang bisa dirilis pun beragam. Dari mulai informasi mengenai perusahaan, informasi keluaran produk baru, hingga informasi mengenai event seminar atau kegiatan sosial. Tak hanya itu, Anda juga bebas membuat press release dalam bentuk artikel berita, artikal dengan soft selling, atau bahkan hard selling sekalipun.

Di kebanyakan jasa press release, Anda bisa membuat kontennya sendiri atau dibuatkan. Namun, biasanya untuk konten artikel yang akan disebar berkisar antara 300 hingga 400 kata. Sebaiknya jangan hanya buat satu artikel, setidaknya buatlah 2 artikel yang dilengkapi dengan gambar pendukung. Sebisa mungkin hindari unsur hak cipta di dalam gambar.

Pilih Jasa Press Release Terpercaya

Setelah Anda menyiapkan konten yang akan disebar, maka tahapan selanjutnya adalah memilih jasa yang pastinya berkompeten dan terpercaya. Jasa ini bisa Anda gunakan sebagai mediator yang bisa membuat atau membantu konten Anda bisa dirilis di media-media besar. Tentunya pastikan jika Anda bisa memilih jasa press release yang memang bagus track record-nya. Jika memungkinkan, cari tahu sudah berapa lama pihak jasa tersebut berkecimpung di dunia jasa untuk press release. Cari tahu dan lihat juga bagaimana penilaian-penilaian yang diberikan oleh pelanggan sebelumnya ke pihak jasa tersebut.

Riset Media yang Dipilih

Memilih jasa yang tepat merupakan sebuah keharusan. Namun, setelah memilihnya bukan lantas membuat Anda harus menyerahkan segalanya. Anda juga perlu ikut berkontribusi lagi untuk memilih media mana yang cocok dijadikan tempat placement konten. Banyak sekali media-media online yang menerima press release. Beberapanya seperti Kompas.com, Detik.com, Liputan6.com, idntimes.com, Republika.com, dan lain sebagainya.

Ketika Anda memilih jasa press release, tanyakan pada pihaknya media mana saja yang bisa ditempati oleh konten Anda untuk press release. Pastikan jika media-media yang mereka tawarkan merupakan media yang sudah terpercaya dan ternama. Dalam kata lain bukan media abal-abal. Pasalnya memilih media online apalagi nasional ternama, bisa menghasilkan peluang besar konten Anda dilihat masyarakat yang banyak.

Siapkan Budget

Tahapan selanjutnya adalah menyiapkan budget. Bagaimana pun permasalah tentang budgeting ini perlu dipersiapkan dengan matang. Setidaknya Anda harus bisa menyiapkan biaya untuk membayar pihak jasa, dan membayar biaya promosi. Jangan buru-buru tergiur dengan penawaran harga jasa yang murah jika kualitasnya tidak terjamin. Sebaliknya, tidak mengapa membayar biaya yang lebih mahal asalkan media yang didapatkan terjamin kredibel dan juga punya audiens banyak.

Selain itu, Anda juga harus memastikan jika media yang dipilih ketika menggunakan jasa press release sesuai dengan minat perusahaan. Atau media tersebut menerima topik konten yang perusahaan Anda miliki. Dengan memerhatikan tahapan tersebut, semoga rencana Anda untuk lakukan press release bisa terlaksana dengan baik!