Beberapa Teknik Penting Saat Melakukan Olahraga Lompat Jauh

  • 2 min read
  • Aug 23, 2021
Lompat Jauh

Salah satu jenis olahraga yang cukup sering dilakukan baik itu untuk event internasional, nasional hingga di sekolah adalah lompat jauh. Tidak sedikit para siswa yang menyenangi jenis olahraga yang satu ini. Nah di dalam artikel ini akan dibahas tentang beberapa hal yang berkaitan dengan lompat jauh itu sendiri seperti ukuran lapangan kemudian teknik dasar lompat jauh hingga bermacam gaya yang bisa dipelajari.

Sekilas sejarah tentang lompat jauh dimulai sekitar 13 abad yang lalu pada saat dipertandingkan di Olimpiade kuno Yunani. Awalnya kompetisi ini dilakukan untuk tujuan melatih para tentara di mana lompat jauh ini dipercaya untuk melatih ketangkasan prajurit perang saat melewati rintangan seperti parit atau jurang. Namun, seiring dengan waktu maka lompat jauh ini disesuaikan dengan era sekarang dimana cukup banyak peraturan yang diubah sesuai dengan standar Internasional. Seperti jarak awalan lompat jauh adalah satu hal yang paling sering diubah karena harus disesuaikan dengan kemampuan peserta yang ikut ambil bagian.

Teknik Dasar Lompat Jauh

Dalam olahraga lompat jauh sebenarnya ada beberapa teknik dasar yang memang harus dipelajari yaitu awalan, tolakan, melayang di udara serta pendaratan. Tentu keempat teknik tersebut harus saling berkaitan agar hasil lompatan yang dilakukan bisa maksimal. Yuk kita bahas satu persatu tentang teknik ini

Awalan

Teknik awalan lompat jauh adalah dimulai dari lari perlahan kemudian lari cepat. Dimana posisi ini harus diketahui agar memungkinkan Anda untuk melakukan tolakan. Hanya saja jangan sampai melebihi garis tolakan yang sudah ditetapkan atau setidaknya mendekati papan tolakan sekitar 3 hingga 5 langkah. Dimana kondisi seperti itu Anda harus siap mengganti kecepatan gerak lari ke kecepatan tolakan dengan langkah terakhir yang cukup pendek

Tolakan

Langkah selanjutnya setelah melakukan awalan adalah tolakan. Adapun tolakan ini bertujuan agar tubuh dalam posisi terangkat ke atas serta melayang di udara. Perlu diketahui bahwa tolakan sangat berpengaruh besar terhadap jarak lompatan yang diperoleh nantinya. Sehingga saat dalam gerakan tolakan maka usahakan kaki sedikit ditekuk kemudian menapakkan kaki dan meluruskan tungkai untuk bisa lepas landas.

Agar gerakan tolakan ini baik maka yang dibutuhkan adalah kekuatan, kecepatan serta koordinasi dari gerakan yang saling berkaitan. Adapun cara untuk melakukan tolakan atau tumpuan yang pertama adalah ayunkan paha kaki ke posisi horizontal dan Anda harus mempertahankan posisi ini. Kemudian luruskan sendi mata kaki, lutut serta pinggang saat melakukan tolakan titik bertolak ke depan serta ke atas dengan sudut tolakan sekitar 45 derajat

Melayang di udara

Saat tubuh melayang di udara maka usahakan agar posisi tubuh tetap seimbang. Caranya adalah lakukan gerakan kaki seperti berjalan sehingga selama melayang di udara akan memudahkan Anda untuk melakukan pendaratan yang cukup baik dan jauh. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat tubuh melayang di udara yang pertama adalah menjaga keseimbangan badan. Kemudian usahakan tekanan udara sekecil mungkin dan melayang di udara selama mungkin. Dan jangan lupa untuk mempersiapkan kaki saat mendarat.

Pendaratan

Hal terakhir yang perlu dipelajari dari teknik dasar lompat jauh adalah pendaratan. Pendaratan dilakukan dengan cara posisi kepala tunduk kemudian mengayunkan lengan dan membawa pinggang ke depan. Tujuannya adalah agar anggota badan yang lain tidak mengenai pasir lebih belakang daripada kaki.

Nah dari beberapa tips diatas maka ada satu hal yang perlu diketahui agar lompatan yang dihasilkan cukup jauh adalah penentuan jarak awalan yang tepat. Jarak awalan lompat jauh adalah satu hal yang memang harus dipelajari tekniknya agar hasil lompatannya lebih maksimal.  Dan penentuan jauh tidaknya lompatan adalah kemampuan tolakan serta lepas landas, kemampuan untuk melakukan gerakan melayang di udara dan yang terakhir adalah kemampuan gerak saat pendaratan.